Thursday, June 8, 2017

Kisi- Kisi Semester 2 Kelas VI



Kisi IPA MIBU 04

NO
Kompetensi Dasar
IPK
Kelas
Materi
Indikator
Soal
Bentuk Soal

No. Soal

Soal

1
2
3
4
5
6
7
8
9

9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender
· Menjelaskan sistem penanggalan atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan revolusi bumi.

VI
Kalender Masehi dan kalender hijriah
-   Disajikan ciri-ciri kalender masehi dan hijriah siswa dapat menentukan ciri-ciri kalender masehi dengan tepat.

PG

Perhatikan Tabel berikut:
No.
Ciri-ciri
1
Berdasarkan kala revolusi bumi
2
Pada tahun kabisat jumlah-nya 355 hari
3
Berdasarkan Revolusi Bulan
4
Terdapat Nama Bulan Oktober
5
Terdapat nama bulan Zulhijah
6
Satu Tahun berjumlah 365 hari
Berdasarkan tabel diatas yang merupakan ciri ciri kalender masehi adalah ….
A.    1, 2, 3
B.     1, 4, 6
C.     2, 5, 6
D.    3, 4, 6
Jawaban : B




Kalender Masehi dan kalender hijriah
-  Siswa dapat menentukan jumlah hari dalam tahun hijriyah dengan tepat

PG

Jumlah hari dalam satu tahun hijriyah adalah . . . hari
a. 354
b. 366
c. 365
d. 356
Jawaban : A




Kalender Masehi dan kalender hijriah
-  Siswa dapat menentukan jumlah hari tahun kabisat pada kalender Masehi dengan benar
Isian

3. Jumlah tahun kabisat pada kalender tahun masehi adalah….
Jawaban : 366 hari




Kalender Masehi dan kalender hijriah
-  Siswa dapat menyebutkan perbedaan tahun hijriyah dan tahun masehi dengan benar

Esay

Sebutkan perbedaan tahun masehi dan tahun hijriyah!
Jawab:
A. Kalender Masehi
a. dibuat berdasarkan pada revolusi bumi terhadap matahari yaitu 365,25 hari
b. satu tahun 365 hari atau 366 hari
c. bulan Januari s/d Desember
d. jumlah hari dalam satu bulan 28/29 – 31 hari
B. Kalender hijriyah
a. dibuat berdasarkan revolusi bulan terhadap bumi yaitu 29,5 hari
b. satu tahun 355 hari
c. bulan dari Muharram s/d Zulhijjah
d. jumlah hari dalam satu bulan 29 – 30 hari











· Menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah.


Kalender Masehi dan kalender hijriah
-  Disajikan sebuah ilustrasi jumlah hari tahun biasa dan tahun kabisat pada kalender syamsiah, siswa dapat menentukan dasar penentuan kalender syamsiah dengan benar
PG

Satu tahun syamsiah terdapat 365 hari di tahun biasa dan terdapat 366 hari di tahun kabisat. Perhitungan tahun Syamsiah didasarkan pada ….
a. kala rotasi bumi
b. kala revolusi bumi
c. kala rotasi bulan
d. kala revolusi bulan
Jawaban : B






Kalender Masehi dan kalender hijriah
-  Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun hijriyah dengan benar

PG

Dasar perhitungan yang digunakan dalam penetapan penanggalan hiriyah adalah
 a. rotasi bulan
 b. rotasi bumi
 c. revolusi bumi
 d. revolusi bulan
Jawaban : D




Kalender Masehi dan kalender hijriah
-  Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan kalender masehi dengan benar
Isian

Dasar perhitungan kalender masehi adalah ….
Jawaban : Revolusi Bumi




Kalender Masehi dan kalender hijriah
-  Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan kalender masehi dan kalender hijriyah dengan benar.
Esay

Jelaskan dasar perhitungan kalender masehi dan kalender hijriyah!
Jawab :
1.    Kalender Masehi (kalender syamsiah/matahari)
Berdasarkan peredaran bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi). Satu tahun kalender masehi adalah 365 ¼ hari. Sehingga setiap 4 tahun sekali satu tahun kalender masehi berjumlah 366. Tahun seperti ini disebut tahun kabisat. Sisa 1 hari pada tahun kabisat ditambahkan pada bulan Februari, sehingga pada tahun kabisat 1 bulan  pada  bulan Februari ada 29 hari.

2.    Kalender Hijriah(kalender qomariah/bulan)
Berdasarkan peredaran bulan mengelilingi bumi (revolusi bulan). Lamanya bulan satu kali mengelilingi bumi adalah 29 ½ hari. Dalam satu tahun ada 12 bulan sehingga 1 tahun ada 354 hari. Kalender hijriah juga memiliki tahun kabisat dan jumlahnya 355 hari, yang ditambahkan pada bulan Zulhijah


















Kisi Bahasa Indonesia MIBU 04

NO
Kompetensi Dasar
IPK
Kelas
Materi
Indikator
Soal
Bentuk Soal

No. Soal

Soal

1
2
3
4
5
6
7
8
9

8.2
Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju

· Siswa menuliskan  surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan


Surat Resmi
Disajikan kutipan alamat surat yang salah tanda bacanya, siswa dapat menentukan penulisan alamat surat yang dituju dengan tanda baca yang benar











PG

Perhatikan kutipan alamat surat berikut!
Kepada
Yth. Bapak Direktur PT Angin Topan
Jalan angkasa baru No.50
Jakarta Timur
Perbaikan penulisan alamat surat tersebut yang tepat adalah….
a. Yth. Direktur PT Angin Topan
Jalan angkasa baru No.50
b. Yth. Direktur PT Angin Topan
Jalan Angkasa Baru 50
Jakarta Timur
c. Yth. Direktur PT angin topan
Jalan Angkasa Baru No.50
Jakarta Timur
d. Yth. Direktur pt Angin Topan
Jl. Angkasa Baru 50
Jakarta Timur
Jawaban : B





Siswa dapat menentukan bagian isi surat dengan benar



PG

Berikut ini penulisan alamat surat yang benar adalah ….
a. Yth, Kak Redaksi Majalah Bucil Jln. Dewantara 169 Jakarta Pusat
b. Yth. Kak Redaksi Majalah Bucil Jln. Dewantara 169 Jakarta Pusat
c. Yth.Kak Redaksi Majalah Bucil Jln, Dewantara 169 Jakarta Pusat
d. Yth. Kak Redaksi Majalah Bucil Jln. Dewantara 169 Jakarta pusat
Jawaban :D





Siswa dapat menentukan bagian dari surat resmi dengan benar
Isian

Tanggal surat ditulis lengkap, yaitu nama kota, tanggal ditulis dengan....
Jawaban : angka






Siswa dapat menuliskan bentuk baku bagian penutup surat resmi







Tulislah bentuk baku dari kalimat-kalimat di bawah ini!
    a. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih.
    b. Surat Bapak kami telah terima dengan baik.
    c. Saya telah mengirimkan Saudara barang-barang itu.
Jawaban :
a. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
b. Surat Bapak telah kami terima dengan baik.
c. Saya telah mengirimkan barang-barang itu kepada Saudara.











· Siswa mencatat informasi penting yang terdapat dalam surat resmi  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan



Disajikan kutipan isi surat resmi siswa dapat menentukan informasi dari isi surat resmi dengan benar.

PG

Kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada acara "Perpisahan dan Malam Kesenian" yang akan kami selenggarakan pada:
hari, tanggal : Sabtu, 28 Mei 2010
waktu            : pukul 19.30 sampai selesai
Penggalan surat di atas mengemukakan ....
a. orang yang mengundang
b. waktu pelaksanaan undangan
c. tempat undangan
d. tujuan undangan 

Jawaban : B





Siswa dapat menentukan bagian isi surat dengan benar

PG

Yang termasuk isi surat dibawah ini adalah ….
A.    No Surat : 025 / DU / V / 2011 Perihal : Undangan Pameran Yth. Direktur Utama PT Citra Indah Jalan Perjuangan 1A No. Jember
B.     Dengan hormat, Dengan ini saya mengharapkan kehadirannya dalam upacara pembukaan pameren seni Rupa yang dilaksanakan pada : Hari, tanggal : Senin, 9 Mei 2011 Waktu : 08.00 Wib Tempat : Gedung Kesenian Jember
C.     Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih
D.    PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN PANTI
SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANTI
Alamat : Jln Argopuro Desa suci Kec. Panti Kab. Jeber Tlp.08287490416
Jawaban : B






Isian

Dengan Hormat,
Kata tersebut merupakan bagian dari surat resmi yang disebut….
Jawaban : Pembuka





Siswa dapat menuliskan surat resmi dari deskripsi yang disajikan

Esay

Buatlah surat resmi berdasarkan deskripsi berikut.
Sekolahmu akan mengadakan pertandingan sepak bola dalam rangka HUT ke-62 RI.
Sekolahmu mengundang sekolah lain untuk ikut serta sebagai peserta pertandingan.
Tempat yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi adalah alamat sekolahmu.






















Kisi Matematika MIBU 04

NO
Kompetensi Dasar
IPK
Kelas
Materi
Indikator
Soal
Bentuk Soal

No. Soal

Soal

1
2
3
4
5
6
7
8
9

7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data

Membaca/
menafsirkan diagram suatu data

Pengolahan data
Disajikan Diagram Batang data pengungjung perpustakaan selama 1 minggu Siswa dapat menentukan selisih data dari diagram batang yang disajikan.

PG

Perhatikan diagram berikut ini :
 Description: C:\Documents and Settings\User's\My Documents\Downloads\tabel5.gif
selisih pengunjung pada hari Jum'at dan hari Selasa adalah.....
a.       5
b.      10
c.       15
d.      20
Jawab : A





Siswa dapat menentukan jumlah hasil dari diagram batang yang disajikan.

PG

Berikut diagram hasil pembuatan kerajinan di Toko Makmur selama 6 hari:
Description: C:\Documents and Settings\User's\My Documents\Downloads\tabel1.jpg 
Jumlah hasil kerajinan yang dibuat selama enam hari adalah ….
a. 825 buah
b. 850 buah
c. 875 buah
d. 900 buah
Jawab : B














Disajikan gambar diagram lingkaran, siswa dapat menentukan nilai salah satu unsur yang belum diketahui
Esay

Perhatikan diagram lingkaran berikut !
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyrc-m_Vb4dY6DaZNuMLNiAh8J-QdcvemV9x7_CtWKkim7GD_6RiYz01m-FhSMiPBHcruMgZ_FjjLmASs9AnmCbYeDVUlmn5TcZCO0oNeqq9X0ue00_uhu2yASjSFg1w8xT45Df5Cr_d8/s1600/diagram+link+3.png
Diagram lingkaran di samping adalah data pekerjaan penduduk desa Kasiyan Timur yang dinyatakan dalam bentuk persen (%). Jika diketahui banyak buruh ada 60 orang maka berapakah jumlah pegusaha?
Jawab :
banyaknya pengusaha (25%)
=   25    X  60 orang = 75 orang
     20
Pembahasan :
Pengusaha (25%). satu lingkaran penuh adalah 100%.
(Jika buruh 20%, TNI 15% dan petani 40% maka
sisanya adalah 25% untuk pengusaha).
Jadi banyaknya pengusaha (25%)
=   25    X  60 orang = 75 orang
     20











1 comment: