Thursday, June 8, 2017

Instrumen Penilaian Kinerja Guru



Instrumen monitoring
ADMINISTRASI PEMBELAJARAN GURU


Nama Guru                 : ………………………………………….
Mata Pelajaran            : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1
Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir.






4
Apakah guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.






5
Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri






6
Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri






7
Apakah guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal






8
Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi






9
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH.






10
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS






11
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS






12
Apakah guru mengoreksi hasil ulangan






13
Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur






14
Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur






15
Apakah guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas.






16
Apakah guru melakukan analisis hasil evaluasi UH.






17
Apakah guru menyusun dan melaksanakan program remedial.






18
Apakah guru menyusun dan melaksanakan program pengayaan.






19
Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar






20
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar






21
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007






22
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)






23
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar






24
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer






25
Apakah guru memiliki hasil PTK






Catatan :
5 : Amat Baik
4 : Baik
3 : Cukup
2 : Kurang
 1 : Sangat Kurang
 
                                                           
                                                                                                            ......................., .............................
                                                            Petugas Monitoring                        Guru yang bersangkutan,




                                                            ……………………….                 …………………………...
                                                            NIP.                                              NIP.




























Instrumen monitoring
PERANGKAT KONSELING GURU PEMBIMBING PROFESIONAL
MI. BUSTANUL ULUM 04

Nama Guru                 : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1
Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru pembimbing memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.






4
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.






5
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir






6
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling






7
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling






8
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan






9
Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi






10
Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)






11
Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)






12
Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)






13
Apakah guru pembimbing melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)






14
Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)






15
Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling






16
Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)






17
Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan






18
Apakah guru pembimbing melakukan layanan konseling sesuai jadwal






19
Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar






20
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar






21
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007






22
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)






23
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar






24
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer






25
Apakah guru memiliki hasil PTK






                                                           
Catatan :
5 : Amat Baik
4 : Baik
3 : Cukup
2 : Kurang
1 : Sangat Kurang
 
                                                                                                            ......................., .............................
                                                            Petugas Monitoring                        Guru yang bersangkutan,




                                                            ……………………….                 …………………………...
                                                            NIP.                                              NIP.




















INSTRUMEN PENILAIAN SILABUS


Nama Guru              : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
No
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Keterangan
1.            
                       
Ketepatan dan keajegan  SK/KD
·         Rumusan Standar Kompetensi  (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar Isi
·         Jika terjadi perubahan urutan,maka sesuai dengan hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat kesulitan materi
·         Ada kesesuaian antara KD dengan komponen-komponennya  (indikator, materi, kegiatan belajar, media/sumber, evaluasi)


2.
Keakuratan Materi  Pembelajaran

·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Sesuai dengan tingkat perkembangan dan bermanfaat bagi peserta didik


3.
Kegiatan Pembelajaran
·         Kegiatan pembelajaran memuat aktivitas belajar yang berpusat pada siswa/belajar aktif
·         Tahapan kegiatan pembelajaran mendukung tercapainya KD
·         Kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk  mengembangkan kecakapan hidup (personal, sosial)
·         Sesuai dengan pengalaman belajar yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran


4.
Indikator
·         Rumusan indikator berisi jabaran perilaku untuk mengukur tercapainya KD
·         Rumusan indikator berupa kata kerja operasional yang dapat diukur dan diobservasi
·         Terdiri dari beberapa rumusan indikator (minimal 2 indikator) untuk setiap KD
·         Tingkat kata kerja lebih rendah atau minimal sama dengan KD


5.
Penilaian
·         Alat penilaian sesuai  dan mencakup seluruh indikator
·         Wujud/contoh alat penilaian jelas dan sesuai dengan indikator


6.
Alokasi Waktu
·         Alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi
·         Alokasi waktu sesuai dengan program semester yang telah disusun


7.
Sumber Belajar
·         Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
·         Sumber belajar bervariasi


Jumlah Skor Perolehan






Kriteria Penilaian
Setiap munculnya  deskriptor secara sempurna  mendapat skor  2
Deskripor yang muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor mendapat skor 0.

Skor maksimal  20 x 2 = 40


........................, …………………
Penilai,

                                                                                                                       

                                                                                                ...........................................
                                                                                                NIP.


INSTRUMEN PENILAIAN RPP

Nama Guru              : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
No
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Keterangan
1.            
                       
Kesesuaian SK, KD, indikator, dan alokasi waktu
·         Rumusan standar kompetensi  (SK) dan KD sesuai dengan standar Isi
·         Rumusan indikator berisi perilaku untuk mengukur tercapainya KD dan alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi dan alokasi yang tersedia di dalam silabus
·         Rumusan indikator berupa kata kerja operasional yang dapat diukur dan atau diobservasi dan sesuai dengan indikator yang ada di silabus


2.
Tujuan Pembelaja-ran
·         Rumusan tujuan pembelajaran selaras dengan KD
·         Rumusan tujuan pembelajaran merupakan rincian/lebih spesifik dari KD


 3.
Pengemb-angan materi dan bahan ajar
·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Materi pembelajaran dijabarkan dalam bahan ajar secara memadai dan kontekstual


4.
Metode Pembelajaran
·         Metode pembelajaran bervariasi
·         Tiap-tiap metode yang dicantumkan benar-benar tercermin dalam langkah-langkah pembelajaran


5.
Langkah-langkah Pembelajaran
·         Pendahuluan berisi pengaitan   kompetensi yang akan dibelajarkan dengan konteks kehidupan siswa atau kompetensi sebelumnya.
·         Kegiatan inti dituliskan secara rinci untuk menjabarkan tahapan pencapaian KD disertai alokasi waktu
·         Inti pembelajaran yang dirancang  berfokus pada siswa
·         Inti pembelajaran memberi kesempatan siswa bekerja sama dengan teman atau berinteraksi dengan lingkungan/masyarakat sekitar
·         Penutup pembelajaran berisi penyimpulan/ refleksi/ atau tindak lanjut (tugas pengayaan/ pemantapan)
·         Rumusan langkah-langkah pembelajaran menggambarkan kegiatan dan materi yang akan dicapai.


6.
Sumber Belajar
·         Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
·         Sumber belajar bervariasi


7.
Penilaian
·         Alat penilaian sesuai  dan mencakup seluruh indikator
·         Rubrik/pedoman penyekoran/kunci jawaban dicantumkan secara jelas dan tepat



Kriteria Penilaian
Setiap munculnya  deskriptor secara sempurna  mendapat skor  2
Deskripor yang muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor mendapat skor 0.

Skor maksimal  20 x 2 = 40



........................, …………………
Penilai,

                                                                                                                       

                                                                                                ...........................................
                                                                                                NIP.













ANGKET SISWA
Pilihlah salah satu option pada setiap nomor yang paling tepat untuk menggambarkan kinerja dari Guru Anda dengan memberikan tanda silang pada huruf a, b, c atau d dalam lembar jawaban.

1.    Kehadiran guru Anda dalam mengajar selama satu semester terakhir.
a. Selalu           
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

2.    Bila hadir, waktu kedatangan guru Anda tepat waktu
a. Selalu           
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

3.    Apakah guru Anda bersikap inklusif dan obyektif terhadap para siswa dalam melaksanakan pembelajaran?
a. Selalu           
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

4.    Bagaimanakah penguasaan materi pelajaran guru Anda?
a.    Sangat menguasai
b.    Menguasai
c.    Cukup
d.    Kurang menguasai
e.    Tidak menguasai

5.    Guru Anda dalam menjelaskan materi pembelajaran
a.    Sangat jelas
b.    Jelas
c.    Cukup
d.    Kurang jelas
e.    Tidak jelas

6.    Guru Anda dalam mengajar memberikan tugas
a.    Sering sekali
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Jarang
e.    Tidak pernah

7.    Tugas yang diberikan untuk nonor 6
a.    Sangat memperjelas materi pembelajaran
b.    Memperjelas materi pembelajaran
c.    Cukup memperjelas materi pembelajaran
d.    Kurang memperjelas materi pembelajaran
e.    Tidak memperjelas materi pembelajaran

8.    Apakah guru Anda dalam mengajar hanya menugasi siswa mengerjakan  LKS?
a.    Tidak pernah
b.    Jarang
c.    Kadang-kadang
d.    Sering
e.    Sering sekali

9.    Apakah guru Anda dalam mengajar menugasi siswa menuliskan materi pelajaran di papan tulis?
a.    Tidak pernah
b.    Jarang
c.    Kadang-kadang
d.    Sering
e.    Sering sekali

10. Menurut Anda metode mengajar yang diterapkan guru Anda
a.    Sangat variatif
b.    Variatif
c.    Cukup
d.    Kurang variatif
e.    Tidak variatif

11. Apakah Anda menyukai cara mengajar guru mata pelajaran ini?
a.    Sangat suka
b.    Suka
c.    Cukup
d.    Kurang suka
e.    Tidak suka

12. Dalam pembelajaran, apakah guru Anda memberi kesempatan kepada Anda untuk bertanya
a.    Selalu
b.    Sering
c.    Kadang-kadang
d.    Jarang
e.    Tidak pernah

13. Bagaimana cara guru Anda dalam menjawab pertanyaan Anda atau Teman Anda?
a.    Jelas sekali
b.    Jelas
c.    Cukup
d.    Kurang jelas
e.    Tidak jelas

14. Apakah guru Anda memberi kesempatan kepada para siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran, misalnya dalam menjawab pertanyaan salah seorang siswa.
a. Selalu           
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

15. Sikap guru Anda terhadap siswa di kelas cenderung
a.    Sangat tegas/berwibawa
b.    Tegas
c.    Cukup
d.    Kurang Tegas
e.    Tidak Tegas

16. Dalam hal menumbuhkan minat belajar, guru Anda
a.    Baik sekali
b.    Baik
c.    Cukup
d.    Kurang
e.    Kurang Sekali

17. Cara memberikan penilaian terhadap tugas atau ulangan, menurut Anda
a.    Sangat objektif dan terbuka
b.    Objektif
c.    Cukup
d.    sesuka guru (tidak objektif)
e.    sangat memberatkan (menghambat siswa)

18. Tugas/ulangan yang sudah dikoreksi oleh guru
a.    Selalu dibagikan dengan komentar
b.    Selalu dibagikan tanpa komentar
c.    Kadang-kadang dibagikan dengan komentar
d.    Kadang-kadang dibagikan tanpa komentar
e.    Tidak pernah dibagikan

19. Dalam mengakhiri pembelajaran, guru Anda
a.    Selalu tepat waktu                
b.    Sering tepat waktu
c.    Kadang-kadang tepat waktu 
d.    Sering lebih cepat     
e.    Selalu lebih cepat

20. Secara keseluruhan, penampilan guru Anda
a.    Baik sekali
b.    Baik
c.    Cukup
d.    Kurang
e.    Kurang Sekali

21. Guru tidak bersikap diskriminatif  terhadap para siswa, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi.
a. Selalu           
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

22. Guru menghargai peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat-istiadat, daerah asal, dan gender.
a. Selalu           
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

23. Guru berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.
a. Selalu           
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
















ANGKET TEMAN SEJAWAT

Pilihlah salah satu option pada setiap nomor yang paling tepat untuk menggambarkan kondisi obyektif Teman Anda dengan memberikan tanda silang pada huruf a, b, c atau d dalam lembar jawaban.

1.    Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap dan stabil.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

2.    Menampilkan diri sebagai pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

3.    Menunjukkan etos kerja dan tanggung jawab yang tinggi.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

4.    Bangga menjadi guru dan percaya pada diri sendiri.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

5.    Bekerja mandiri secara profesional.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

6.    Memahami kode etik profesi guru.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

7.    Menerapkan kode etik profesi guru.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
8.    Berperilaku sesuai dengan kode etik guru.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

9.    Bersikap inklusif dan objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam melaksanakan pembelajaran.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

10. Tidak bersikap diskriminatif  terhadap peserta didik, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

11. Berkomunikasi dengan teman sejawat dan komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan efektif.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

12. Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

13. Mengikutsertakan orang tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

14. Beradaptasi dengan lingkungan tempat bekerja dalam rangka meningkatkan efektivitas sebagai pendidik, termasuk memahami bahasa daerah setempat.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

15. Bersikap sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat,  serta kebudayaan nasional Indonesia yang beragam.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

16. Berperilaku jujur, tegas, dan manusiawi.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

17. Berperilaku yang mencerminkan ketakwaan, dan akhlak mulia.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

18. Berperilaku yang dapat diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah

No comments:

Post a Comment