Instrumen monitoring
ADMINISTRASI
PEMBELAJARAN GURU
Nama Guru : ………………………………………….
Mata Pelajaran : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari
kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam
per minggu
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun
terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Apakah guru membuat program semester untuk dua semester
terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Apakah guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku
referensi
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH.
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Apakah guru mengoreksi hasil ulangan
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan
terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan
terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Apakah guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai
UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas.
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Apakah
guru melakukan analisis hasil evaluasi UH.
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Apakah guru menyusun
dan melaksanakan program remedial.
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Apakah guru menyusun
dan melaksanakan program pengayaan.
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Apakah guru
mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Apakah guru memiliki hasil PTK
|
|
|
|
|
|
|
|
.......................,
.............................
Petugas Monitoring Guru yang bersangkutan,
………………………. …………………………...
NIP. NIP.
Instrumen monitoring
PERANGKAT
KONSELING GURU PEMBIMBING PROFESIONAL
MI. BUSTANUL
ULUM 04
Nama Guru : ………………………………………….
Nama Sekolah : ………………………………………….
No
|
Aspek Yang Diamati
|
Nilai
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Apakah guru memiliki
SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Apakah guru pembimbing
memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen
dengan minimal 24 jam per minggu
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Apakah guru
pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri Satuan Layanan
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Apakah guru pembimbing
membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan
Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling
Kelompok, Mediasi, Konsultasi)
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data,
Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Apakah guru pembimbing
membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Apakah guru
pembimbing melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera,
Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Apakah guru
pembimbing melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling
(semester 1 dan 2)
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Apakah guru pembimbing
melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Apakah
guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus,
Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Apakah guru pembimbing
membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Apakah guru pembimbing
melakukan layanan konseling sesuai jadwal
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Apakah guru
mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar
|
|
|
|
|
|
|
20
|
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar
|
|
|
|
|
|
|
21
|
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
|
|
|
|
|
|
|
22
|
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP,
panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)
|
|
|
|
|
|
|
23
|
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar
|
|
|
|
|
|
|
24
|
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer
|
|
|
|
|
|
|
25
|
Apakah guru memiliki hasil PTK
|
|
|
|
|
|
|
|
Petugas
Monitoring Guru yang bersangkutan,
………………………. …………………………...
NIP. NIP.
INSTRUMEN PENILAIAN SILABUS
Nama Guru :
…………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
........................, …………………
Penilai,
...........................................
NIP.
INSTRUMEN PENILAIAN RPP
Nama Guru :
…………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
Nama Sekolah : …………………………….......................................
........................, …………………
Penilai,
...........................................
NIP.
ANGKET SISWA
Pilihlah salah satu option pada setiap
nomor yang paling tepat untuk menggambarkan kinerja dari Guru Anda dengan
memberikan tanda silang pada huruf a, b, c atau d dalam lembar jawaban.
1. Kehadiran guru Anda dalam
mengajar selama satu semester terakhir.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
2. Bila hadir, waktu kedatangan
guru Anda tepat waktu
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
3. Apakah guru Anda bersikap
inklusif dan obyektif terhadap para siswa dalam melaksanakan pembelajaran?
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
4. Bagaimanakah penguasaan
materi pelajaran guru Anda?
a. Sangat menguasai
b. Menguasai
c. Cukup
d. Kurang menguasai
e. Tidak menguasai
5. Guru Anda dalam
menjelaskan materi pembelajaran
a. Sangat jelas
b. Jelas
c. Cukup
d. Kurang jelas
e. Tidak jelas
6.
Guru Anda dalam mengajar
memberikan tugas
a.
Sering sekali
b.
Sering
c.
Kadang-kadang
d.
Jarang
e.
Tidak pernah
7.
Tugas yang diberikan
untuk nonor 6
a.
Sangat memperjelas
materi pembelajaran
b.
Memperjelas materi
pembelajaran
c.
Cukup memperjelas materi
pembelajaran
d.
Kurang memperjelas materi
pembelajaran
e. Tidak memperjelas materi
pembelajaran
8.
Apakah guru Anda dalam
mengajar hanya menugasi siswa mengerjakan
LKS?
a.
Tidak pernah
b.
Jarang
c.
Kadang-kadang
d.
Sering
e.
Sering sekali
9.
Apakah guru Anda dalam
mengajar menugasi siswa menuliskan materi pelajaran di papan tulis?
a.
Tidak pernah
b.
Jarang
c.
Kadang-kadang
d.
Sering
e.
Sering sekali
10.
Menurut Anda metode
mengajar yang diterapkan guru Anda
a.
Sangat variatif
b.
Variatif
c.
Cukup
d.
Kurang variatif
e.
Tidak variatif
11.
Apakah Anda menyukai
cara mengajar guru mata pelajaran ini?
a.
Sangat suka
b.
Suka
c.
Cukup
d.
Kurang suka
e.
Tidak suka
12.
Dalam pembelajaran,
apakah guru Anda memberi kesempatan kepada Anda untuk bertanya
a.
Selalu
b.
Sering
c.
Kadang-kadang
d.
Jarang
e.
Tidak pernah
13.
Bagaimana cara guru Anda
dalam menjawab pertanyaan Anda atau Teman Anda?
a.
Jelas sekali
b.
Jelas
c.
Cukup
d.
Kurang jelas
e.
Tidak jelas
14.
Apakah guru Anda memberi
kesempatan kepada para siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran, misalnya
dalam menjawab pertanyaan salah seorang siswa.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
15.
Sikap guru Anda terhadap
siswa di kelas cenderung
a.
Sangat tegas/berwibawa
b.
Tegas
c.
Cukup
d.
Kurang Tegas
e.
Tidak Tegas
16. Dalam hal menumbuhkan
minat belajar, guru Anda
a. Baik sekali
b. Baik
c. Cukup
d. Kurang
e. Kurang Sekali
17. Cara memberikan
penilaian terhadap tugas atau ulangan, menurut Anda
a. Sangat objektif dan
terbuka
b. Objektif
c. Cukup
d. sesuka guru (tidak
objektif)
e. sangat memberatkan
(menghambat siswa)
18. Tugas/ulangan yang sudah
dikoreksi oleh guru
a. Selalu dibagikan dengan komentar
b. Selalu dibagikan tanpa komentar
c. Kadang-kadang dibagikan
dengan komentar
d. Kadang-kadang dibagikan
tanpa komentar
e. Tidak pernah dibagikan
19. Dalam mengakhiri
pembelajaran, guru Anda
a. Selalu tepat waktu
b. Sering tepat waktu
c. Kadang-kadang tepat
waktu
d. Sering lebih cepat
e. Selalu lebih cepat
20. Secara keseluruhan,
penampilan guru Anda
a. Baik sekali
b. Baik
c. Cukup
d. Kurang
e. Kurang Sekali
21. Guru tidak bersikap diskriminatif terhadap para siswa, teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan
sekolah karena perbedaan agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga,
dan status sosial-ekonomi.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
22. Guru menghargai
peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, adat-istiadat,
daerah asal, dan gender.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
23. Guru berperilaku yang dapat
diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
ANGKET TEMAN SEJAWAT
Pilihlah salah satu option pada setiap
nomor yang paling tepat untuk menggambarkan kondisi obyektif Teman Anda dengan
memberikan tanda silang pada huruf a, b, c atau d dalam lembar jawaban.
1. Menampilkan diri sebagai
pribadi yang mantap dan stabil.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
2. Menampilkan diri sebagai
pribadi yang dewasa, arif, dan berwibawa.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
3. Menunjukkan etos kerja
dan tanggung jawab yang tinggi.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
4. Bangga menjadi guru dan
percaya pada diri sendiri.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
5. Bekerja mandiri secara
profesional.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
6. Memahami kode etik
profesi guru.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
7. Menerapkan kode etik
profesi guru.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
8. Berperilaku sesuai
dengan kode etik guru.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
9. Bersikap inklusif dan
objektif terhadap peserta didik, teman sejawat dan lingkungan sekitar dalam
melaksanakan pembelajaran.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
10. Tidak bersikap
diskriminatif terhadap peserta didik,
teman sejawat, orang tua peserta didik dan lingkungan sekolah karena perbedaan
agama, suku, jenis kelamin, latar belakang keluarga, dan status sosial-ekonomi.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
11. Berkomunikasi dengan
teman sejawat dan komunitas ilmiah lainnya secara santun, empatik dan efektif.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
12. Berkomunikasi dengan
orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun, empatik, dan efektif
tentang program pembelajaran dan kemajuan peserta didik.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
13. Mengikutsertakan orang
tua peserta didik dan masyarakat dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi
kesulitan belajar peserta didik.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
14. Beradaptasi dengan
lingkungan tempat bekerja dalam rangka meningkatkan efektivitas sebagai
pendidik, termasuk memahami bahasa daerah setempat.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
15. Bersikap sesuai dengan
norma agama yang dianut, hukum dan norma sosial yang berlaku dalam
masyarakat, serta kebudayaan nasional
Indonesia yang beragam.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
16. Berperilaku jujur,
tegas, dan manusiawi.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
17. Berperilaku yang
mencerminkan ketakwaan, dan akhlak mulia.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
18. Berperilaku yang dapat
diteladani oleh peserta didik dan anggota masyarakat di sekitarnya.
a. Selalu
b. Sering
c. Kadang-kadang
d. Jarang
e. Tidak pernah
No comments:
Post a Comment