Kisi IPA MIBU 04
NO
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Kelas
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
No.
Soal
|
Soal
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
||||||||||||||
|
9.4
Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender
|
· Menjelaskan sistem penanggalan
atau kalender (kalender Masehi dan kalender Hijriah) serta hubungannya dengan
revolusi bumi.
|
VI
|
Kalender Masehi dan
kalender hijriah
|
-
Disajikan ciri-ciri kalender
masehi dan hijriah siswa dapat menentukan ciri-ciri kalender masehi dengan
tepat.
|
PG
|
|
Perhatikan Tabel berikut:
Berdasarkan tabel diatas yang merupakan ciri
ciri kalender masehi adalah ….
A.
1, 2, 3
B.
1, 4, 6
C.
2, 5, 6
D.
3, 4, 6
Jawaban : B
|
||||||||||||||
|
|
|
|
Kalender Masehi dan
kalender hijriah
|
- Siswa
dapat menentukan jumlah
hari dalam tahun hijriyah dengan tepat
|
PG
|
|
Jumlah hari dalam satu tahun hijriyah
adalah . . . hari
a. 354 b. 366 c. 365 d. 356
Jawaban : A
|
||||||||||||||
|
|
|
|
Kalender Masehi dan
kalender hijriah
|
- Siswa dapat menentukan jumlah hari tahun kabisat
pada kalender Masehi dengan benar
|
Isian
|
|
3. Jumlah tahun kabisat pada kalender
tahun masehi adalah….
Jawaban : 366 hari
|
||||||||||||||
|
|
|
|
Kalender Masehi dan
kalender hijriah
|
- Siswa dapat menyebutkan perbedaan tahun hijriyah dan
tahun masehi dengan benar
|
Esay
|
|
Sebutkan perbedaan tahun masehi dan tahun
hijriyah!
Jawab:
A. Kalender Masehi
a. dibuat berdasarkan pada revolusi bumi
terhadap matahari yaitu 365,25 hari
b. satu tahun 365 hari atau 366 hari c. bulan Januari s/d Desember d. jumlah hari dalam satu bulan 28/29 – 31 hari B. Kalender hijriyah a. dibuat berdasarkan revolusi bulan terhadap bumi yaitu 29,5 hari b. satu tahun 355 hari c. bulan dari Muharram s/d Zulhijjah d. jumlah hari dalam satu bulan 29 – 30 hari |
||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||
|
|
· Menjelaskan dasar perhitungan
tahun masehi dan dasar perhitungan tahun Hijriah.
|
|
Kalender Masehi dan
kalender hijriah
|
- Disajikan
sebuah ilustrasi jumlah
hari tahun biasa dan tahun kabisat pada kalender syamsiah,
siswa dapat menentukan
dasar penentuan kalender syamsiah dengan benar
|
PG
|
|
Satu tahun syamsiah terdapat 365 hari di tahun
biasa dan terdapat 366 hari di tahun kabisat. Perhitungan tahun Syamsiah
didasarkan pada ….
a. kala rotasi bumi
b. kala revolusi bumi
c. kala rotasi bulan
d. kala revolusi bulan
Jawaban : B
|
||||||||||||||
|
|
|
|
Kalender Masehi dan
kalender hijriah
|
- Siswa
dapat menjelaskan dasar
perhitungan tahun
hijriyah dengan benar
|
PG
|
|
Dasar perhitungan yang digunakan dalam penetapan
penanggalan hiriyah adalah…
a. rotasi bulan
b. rotasi bumi
c. revolusi bumi
d. revolusi bulan
Jawaban : D
|
||||||||||||||
|
|
|
|
Kalender Masehi dan
kalender hijriah
|
- Siswa
dapat menjelaskan
dasar perhitungan kalender
masehi dengan benar
|
Isian
|
|
Dasar perhitungan kalender masehi adalah ….
Jawaban : Revolusi Bumi
|
||||||||||||||
|
|
|
|
Kalender Masehi dan
kalender hijriah
|
- Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan kalender
masehi dan kalender hijriyah dengan benar.
|
Esay
|
|
Jelaskan dasar perhitungan kalender masehi dan kalender hijriyah!
Jawab :
1.
Kalender Masehi (kalender syamsiah/matahari)
Berdasarkan peredaran bumi mengelilingi matahari
(revolusi bumi). Satu tahun kalender masehi adalah 365 ¼ hari. Sehingga
setiap 4 tahun sekali satu tahun kalender masehi berjumlah 366. Tahun seperti
ini disebut tahun kabisat. Sisa 1 hari pada tahun kabisat ditambahkan pada
bulan Februari, sehingga pada tahun kabisat 1 bulan pada bulan
Februari ada 29 hari.
2.
Kalender Hijriah(kalender qomariah/bulan)
Berdasarkan
peredaran bulan mengelilingi bumi (revolusi bulan). Lamanya bulan satu kali
mengelilingi bumi adalah 29 ½ hari. Dalam satu tahun ada 12 bulan sehingga 1
tahun ada 354 hari. Kalender hijriah juga memiliki tahun kabisat dan
jumlahnya 355 hari, yang ditambahkan pada bulan Zulhijah
|
||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kisi Bahasa Indonesia MIBU 04
NO
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Kelas
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
No.
Soal
|
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
8.2
Menulis surat resmi dengan
memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
|
· Siswa menuliskan surat resmi
dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan
|
|
Surat Resmi
|
Disajikan kutipan alamat surat yang
salah tanda bacanya, siswa dapat menentukan penulisan alamat surat yang
dituju dengan tanda baca yang benar
|
PG
|
|
Perhatikan kutipan alamat surat berikut!
Kepada Yth. Bapak Direktur PT Angin Topan Jalan angkasa baru No.50 Jakarta Timur Perbaikan penulisan alamat surat tersebut yang tepat adalah…. a. Yth. Direktur PT Angin Topan Jalan angkasa baru No.50 b. Yth. Direktur PT Angin Topan Jalan Angkasa Baru 50 Jakarta Timur c. Yth. Direktur PT angin topan Jalan Angkasa Baru No.50 Jakarta Timur d. Yth. Direktur pt Angin Topan Jl. Angkasa Baru 50 Jakarta Timur Jawaban : B |
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan bagian isi
surat dengan benar
|
PG
|
|
Berikut ini penulisan
alamat surat yang benar adalah ….
a. Yth, Kak Redaksi Majalah Bucil Jln. Dewantara 169 Jakarta Pusat
b. Yth. Kak Redaksi Majalah Bucil Jln. Dewantara 169 Jakarta Pusat
c. Yth.Kak Redaksi Majalah Bucil Jln, Dewantara 169 Jakarta Pusat
d. Yth. Kak Redaksi Majalah Bucil Jln. Dewantara 169 Jakarta pusat
Jawaban :D
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan bagian
dari surat resmi dengan benar
|
Isian
|
|
Tanggal surat ditulis lengkap, yaitu nama
kota, tanggal ditulis dengan....
Jawaban : angka
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menuliskan bentuk baku bagian
penutup surat resmi
|
|
|
Tulislah bentuk baku dari kalimat-kalimat
di bawah ini!
a. Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih. b. Surat Bapak kami telah terima dengan baik. c. Saya telah mengirimkan Saudara barang-barang itu.
Jawaban
:
a. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih. b. Surat Bapak telah kami terima dengan baik. c. Saya telah mengirimkan barang-barang itu kepada Saudara. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
· Siswa mencatat informasi penting yang
terdapat dalam surat resmi dengan
bahasa yang baik dan benar, serta
memperhatikan penggunaan ejaan
|
|
|
Disajikan kutipan isi surat
resmi siswa dapat menentukan informasi dari isi surat resmi dengan benar.
|
PG
|
|
Kami mengharap kehadiran Bapak/Ibu pada
acara "Perpisahan dan Malam Kesenian" yang akan kami selenggarakan
pada:
hari, tanggal : Sabtu, 28 Mei 2010 waktu : pukul 19.30 sampai selesai Penggalan surat di atas mengemukakan ....
a. orang yang mengundang
b. waktu pelaksanaan undangan
c. tempat undangan
d. tujuan undangan
Jawaban : B
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan bagian
isi surat dengan benar
|
PG
|
|
Yang termasuk
isi surat dibawah ini adalah ….
A.
No Surat : 025 / DU / V / 2011 Perihal : Undangan
Pameran Yth. Direktur Utama PT Citra Indah Jalan Perjuangan 1A No. Jember
B.
Dengan hormat, Dengan ini saya mengharapkan
kehadirannya dalam upacara pembukaan pameren
seni Rupa yang dilaksanakan pada : Hari, tanggal : Senin, 9 Mei 2011 Waktu :
08.00 Wib Tempat : Gedung Kesenian Jember
C.
Atas perhatian saudara, kami ucapkan terima kasih
D. PEMERINTAH KABUPATEN JEMBER
UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN PANTI
SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANTI
Alamat : Jln Argopuro Desa suci Kec. Panti Kab. Jeber Tlp.08287490416
Jawaban : B
|
|
|
|
|
|
|
Isian
|
|
Dengan Hormat,
Kata tersebut merupakan bagian dari surat resmi yang disebut….
Jawaban :
Pembuka
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menuliskan surat
resmi dari deskripsi yang disajikan
|
Esay
|
|
Buatlah surat resmi berdasarkan deskripsi berikut.
Sekolahmu akan mengadakan pertandingan sepak bola dalam rangka HUT ke-62 RI. Sekolahmu mengundang sekolah lain untuk ikut serta sebagai peserta pertandingan. Tempat yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi adalah alamat sekolahmu. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kisi Matematika MIBU 04
NO
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Kelas
|
Materi
|
Indikator
Soal
|
Bentuk
Soal
|
No.
Soal
|
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
7.4 Menafsirkan
hasil pengolahan data
|
Membaca/
menafsirkan
diagram suatu data
|
|
Pengolahan
data
|
Disajikan Diagram
Batang data pengungjung perpustakaan selama 1 minggu Siswa dapat menentukan
selisih data dari diagram batang yang disajikan.
|
PG
|
|
Perhatikan
diagram berikut ini :
selisih pengunjung pada hari Jum'at
dan hari Selasa adalah.....
a.
5
b.
10
c.
15
d.
20
Jawab : A
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat
menentukan jumlah hasil dari diagram batang yang disajikan.
|
PG
|
|
Berikut
diagram hasil pembuatan kerajinan di Toko Makmur selama 6 hari:
Jumlah hasil
kerajinan yang dibuat selama enam hari adalah ….
a. 825 buah
b. 850 buah
c. 875 buah
d. 900 buah
Jawab :
B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Disajikan gambar diagram lingkaran, siswa dapat menentukan nilai
salah satu unsur yang belum diketahui
|
Esay
|
|
Perhatikan diagram lingkaran berikut !
Diagram lingkaran di samping adalah data
pekerjaan penduduk desa Kasiyan Timur yang dinyatakan dalam bentuk persen (%). Jika diketahui banyak buruh ada
60 orang maka berapakah
jumlah pegusaha?
Jawab :
banyaknya pengusaha (25%)
= 25
X 60 orang = 75 orang
20
Pembahasan :
Pengusaha (25%). satu lingkaran penuh
adalah 100%.
(Jika buruh 20%, TNI 15% dan petani 40%
maka
sisanya adalah 25% untuk pengusaha).
Jadi banyaknya pengusaha (25%)
= 25
X 60 orang = 75 orang
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ass
ReplyDelete