RENCANA KERJA TAHUNAN MADRASAH (RKT)
MI. BUSTANUL ULUM 04 KASIYAN TIMUR
KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Disusun Oleh :
TIM PENGEBANG MADRASAH
MI. BUSTANUL ULUM 04 KASIYAN TIMUR
KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
HALAMAN PENGESAHAN
Rencana Kerja Tahunan
Madrasah (RKTM)
MI. BUSTANUL ULUM 04
Kasiyan Timur Kecamatan
Puger
Kabupaten Jember
Tahun Pelajaran 2013/2014
Disusun oleh Tim Penyusun
RKTM yang terdiri :
1.
M.
Saiful Bahri
2.
Moh.
Khoiri, S.Pd.I.
3.
Drs.
Subur
4.
Huzaimah,
S.Pd.I.
Mengetahui,
Ketua Komite
H. ZAINAL ABIDIN
|
Kepala MIBU 04,
UBAIDILLAH, S.Pd.I.
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehidhirat Allah AWT yang telah memberikan
rahmat hidayah-Nya, sehingga buku Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) MI. BUSTANUL ULUM 04 Kecamatan Puger Tahun
Pelajaran 2013/2014 dapat terselesaikan
tanpa halangan yang berarti.
Tujuan penyusunan Rencana Kerja Sekolah ini adalh sebagai acuan dalam
rangka pelaksanaan didasarkan pada keefektifan
dan keefesienan pemanfaatan sarana prasarana, pendanaan, dan sumber daya
yang ada.
Dapat dipahami bahwa keberhasilan pelaksanaan Rancana Kerja Tahunan
Madrasah (RKTM) ini sepenuhnya
tergantung dari kepala sekolah,guru, karyawan, orang tua/wali murid dan
masyarakat di Sanehen dimana MI. BUSTANUL ULUM 04 berada.
Penyusunan menyadari penuh bahwa apa yang tersaji dalam buku rencana Kerja
Tahunan Sekolah ini masih banyak kekurangan-kekurangannya seperti kata pepatah
”Tiada gading yang tak retak” Oleh karena itu, kritik dan saran dari pembaca
selalu diharapkan demi kesempurnaan buku ini.
Akhir kata, penyusun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang
telah membantu mewujudkan buku Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) ini, khususnya kepada stakeholder yang
terlibat dan Pengawas Tk/SD yang telah membantu sekolah kami dalam hal
pelatihan, bimbingan, pembinaan, dan pengarahan sepanjang penyusunan RKTM ini
berlangsung. Semoga Allah SWT membalas budi baik kita semua, Amin.
Kasiyan Timur, 2 Juli 2013
TIM Penyusun
RKTM
BAB
1
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Peningkatan
kualitas sumber daya menusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan
pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah
pendidikan sehingga kualitas pendidikan harus senantiasa ditingkatkan termasuk
peningkatan kualitas pendidikan di MI. BUSTANUL ULUM 04 Kecamatan Puger
Kabupaten Jember.
Sejalan
dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan anaknya, sekolah
ini memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya
dalam hal kesiswaan, kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pendidik dan tenaga
kependidikan serta pengembangannya, sarana dan prasaran, keuangan dan
pembiayaan, budaya dan lingkungan sekolah, peran serta masyarakat dan
kemitraan, dalam pendidikan, serta lain-lain.Berdasarkan kondisi tersebut, maka
perlu kiranya dilakukan upaya penyusunan Rencana Kerja Tahunan Madrasah
(RKTM) agar sekolah memiliki rambu-rambu
yang bisa dijadikan landasan dalam pengelolaan program, implementasi, memonitoring
dan evaluasi yang baik, terstruktur dan terukur.
Rencana
Kerja Tahunan MI. BUSTANUL ULUM 04 tahun 2013/2014 ini disusun bardasarkan :
1.
Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan RAPBM tahun
2014/2015
2.
Pelaksanaan rencana program dan kegiatan RKS tahun
2008-2012
3.
Disesuaikan dengan Permendiknas No. 19 tahun 2007 tentang
Rencan Kerja Tahunan Madrasah (RKTM)
yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan Anggaran Madrasah (RKAM).
Berkaitan dengan uraian di atas, maka RKTM ini memuat pendahuluan, profil, harapan
program kerja tahunan madrasah, rencana anggaran madrasah, dan penutup.
B. Tujuan Penyusunan RKTM
Pada
dasarnya tujuan penyusunan RKTM ini adalah :
1.
Membantu sekolah dalam membelanjakan anggaran secara
bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.
2.
Membantu sekolah dalam merespon tuntutan partisipasi
masyarakat, dan
3.
Membantu sekolah dalam meningkatkan ketrbukaan dan
akuntabilitas.
C. Manfaat RKTM
Manfaat RKTM ini dapat diuraikan sebagai berikut :
1.
Sebagai acuan bagi sekolah untuk mencapai terget-target
peningkatan kualitan pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek.
2.
Dapat digunakan sebagai panduan bagi sekolah dalam
memanfaatkan subssdi baik subsidi dari pemerintah maupun dari nanpemerintah.
3.
Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga sekolah dalam
meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, dan
4.
Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi
berbagai program peningkatan mutu pendidikan di sekolah.
D. Landasan Hukum
1.
Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional Pasal 4 (pengelolaan dan pendidikan berdasar pada prinsip keadilan,
efesiensi, transparansi dan akuntabilitas publik).
2.
Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar
rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana verja jangka
menengah satuan pendidikan yang meliputi masa
4 tahun.
3.
Permendiknas No. 19 Tahun 2007 tentang Stándar
Pengelolaan Pendidikan dinyatakan bahwa sekolah/madrasah membuat (1) Rencana
Kerja Jangka Menengah yang menggambarkan tujuan yang akan ingin dicapai dalam
kurun waktu 4 tahun yang berkaitan dengan mutu lulusan yang ingin dicapai dan
perbaikan komponen yang mendukung peningkatan mutu lulusan dan (2) Rencana
Kerja Tahunan yang dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan anggaran sekolah/
Madrasah (RKAS/RKAM) dilaksanakaan berdasarkan Rencana Kerja jangka menengah.
E.
Proses
Penyusunan RKTM
UPDATE
RKAM
|
Monitoring
2
Akhir
Smt I
|
MONITORING
I Pertengah Smt I
|
Monitoring
3
Akhir
Smt II
|
EVALUASI
|
BAB II
PROGRAM KERJA TAHUNAN MADRASAH (RKTM)
Dalam menyusun program kerja tahunan sekolah ini meliputi dua kegitan,
yaitu
1. merumuskan program sekolah yang dilakukan melalui empat langkah :
a. menetapkan sasaran
b. merumuskan program dan menetapkan penanggung jawab program
c. menentukan indikator keberhasilan, dan
d. menentukan kegiatan, dan
2. menyusun jadwal kegiatan.
Berdasakan uraian di atas maka di bawah ini akan diuraikan tentang :
1.
Program Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) MI. BUSTANUL ULUM 04 Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari sasaran, program,
indikator, kegiatan dan penanggung jawab.
2.
Jadwal Kegiatan Rencana Kerja Tahunan Sekolah Tahun
Pelajaran 2013/2014 .
PROGRAM KERJA TAHUNAN MADRASAH (RKTM)
MI. BUSTANUL ULUM 04
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
A. PROGRAM/KEGIATAN STRATEGIS
|
||||
SASARAN
|
PROGRAM
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
|
PENANGGUNG JAWAB
|
Kesiswaan
|
||||
1.Bertambahnya siswa yang mendaftar dari tahun ke tahun
|
Penambahan peserta didik.
|
Adanya penambahan siswa setiap tahunnya minimal 10
anak.
|
- Sosialisasi dengan masayarakat tentang perlunya
pendidikan bagi anak.
|
Kepala Sekolah
|
2. Adanya penambahan jumlah siswa penerima bantuan dari 10 orang menjadi
15 0rang.
|
Penambahan jumlah siswa penerima bantuan yang kurang
mampu secara ekonomi.
|
Terbantuanya 15 orang siswa yang kurang mampu secara
ekonomi.
|
1. Membuat usulan kedinas Pendidikan penambahan siswa yang menerima
bantuan.
2. Mencari donatur yang mau membantu siswa yang kurang mampu secara
ekonomi.
|
Kepala Sekolah
Komite Sekolah
|
3.Terdatanya Anak Usia Sekolah (AUS) 7-15 thaun yang ada didesa Sanehen
|
Pendataan anak usia sekolah 7-15 tahun yang terdapat di
desa Sanehen.
|
-Terhindarnya semua Anak Usia
Sekolah 7-12 tahun yang tidak bersekolah.
|
-Pendataan anak usia sekolah dari rumah kerumah.
-Mengambil data dari Kepala Kampung Sanehen tentang jumlah anak usia
sekolah yang Belum masuk sekolah.
|
Kepala Sekolah
Guru
|
4. Timbulnya
kesamaan antara anak yang kurang Sian dengan anak normal lanilla.
|
Bantuan terhadap siswa yang kurang siap dalam
pembelajaran.
|
-Terbantunya anak yang kurang siap dalam pembelajaran.
|
-Bimbingan secara khusus diberikan oleh guru kelasnya masing-masing.
|
Kepala Sekolah
Guru
|
II. Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
|
||||
Semua guru
waktu melaksanakan Kegaiatan pembelajaran punya pedoman.
|
- Pembuatan Silabus dan Rencana Pembelajaran.
|
Termilikinya silabus dan Rencana Pembelajaran untuk lima mata pelajaran.
|
-Menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat silabus dan Rencana
Pembelajaran.
|
Kepala Sekolah
Guru
|
-Terlaksananya penilaian sesuai yang diharapkan .
|
Pelatihan guru digugus tentang sistem penilaian kelas.
|
Terlaksananya pelatihan guru ditingkat gugus
|
- Mengikuti pelatihan yang ada di gugus.
|
Kepala Sekolah
Guru
|
Mampunya guru menyesuaikan isi Silabu dengan Rencana
Pembelajaran.
|
Pelatihan guru tentang cara penyesuaian isi silabus
dengan Rencana Pembelajaran.
|
Terlatihnya guru menyesuaikan isi Silabus Dengan
Rencana Pembelajaran
|
Mengirm guru ketempat pelatihan baik ditingkat gugus,
kecamatan dan Kabupaten.
|
Kepala Sekolah
Guru
|
Meningkatnya kinerja kepala sekolah dalam melaksanakan
kegiatannya sehari-hari
|
Peningkatan Wawasan Kepala Sekolah
|
Mampunya kepala sekolah mengikuti perkembangan dunia
pendidikan.
|
-Banyak membaca
-Sering mengikuti seminar,lokakarya dll
|
Kepala sekolah
|
III. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
||||
4 orag guru memiliki Ijazah S.1.
|
Peningkatan kualifikasi pendidikan guru
|
Terlaksanakannya 4 orang guru mengikuti pendidikan
stara S.1.
|
-Mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi..
|
Guru
|
Semua orang guru mampu menguasia materi pembelajaran
|
Pelatihan guru untuk menguasai materi pembelajaran.
|
Terlaksananya
pelatihan penguasaan materi pembelajaran.
|
- Mengikuti pelatiahan guru di tingkat gugus
|
Kepala Sekolah
|
IV. Manajemen.
|
||||
Terbukanya segala hal yang menyangkut tentang kegeiatan
kependidikan.
|
Sosialisasi tentang pendidikan dengan semua anggota
komite
|
Terlibatnya semua unsur terutama komite sekolah dalam
perencanaan,pengelolaan kegiatan pendidikan.
|
-Sosialisasi dengan komite sekolah.
-Melibatkan komite dalam
kegaiatan sekolah.
|
Kepala Sekolah
komite
|
V. Sarana dan Prasarana
|
||||
Terawatnya 8 ruangan gedung sekolah
|
Pengecatan gedung sekolah
|
Terlaksananya pengecatan sekolah bersama masyarakat
|
Gotong
Rayong dengan wali murid
|
Kepala Sekolah
Komite Sekolah
|
Termilkinya
semua buku pengangan guru untuk seluruh mata pelajaran
|
Pengadaan
buku pegangan buku
|
Terlaksananya pengadaan buku pegangan guru
|
Pembelian Buku Pegangan guru dari beberapa penerbit
|
Kepala Sekolah
|
Memudahkan pengerjaan adminitrasi Sekolah
|
Pengadaan 1 set
komputer dan 1 set printer
|
Terbelinya 1 set kumputer dan 1 set printer.
|
Pembelian 1 set komputer dan 1 set printer
|
Kepala Sekolah
|
VI. Keuangan dan Pembiayaan
|
||||
Bertambahnya anggaran sekolah yang berasal dari
masyarakat
|
Penambahan dana anggaran
sekolah.
|
Adanya tambahan dana untuk anggaran sekolah.
|
Rapat dengan
komite dan seluruh wali murid
|
Kepala Sekolah
Komite
|
VII. Budaya dan Lungkungan Sekolah
|
||||
Terjaganya lingkungan sekolah yang bersih.
|
Peningkatan kebersihan lingkungan sekolah.
|
Terpeliharan lingkungan yang bersih, rafi dan nyaman.
|
Mengadakan
kegiatan jumat bersih untuk semua warga sekolah.
|
Kepala Sekolah
Komite
|
VIII. Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan
|
||||
Adanya kepedulian masyarakat terhadap sekolah
|
Pelatihan Komite Sekolah tentang manajemen sekolah.
|
Timbulnya rasa tanggung jawab masyarakat khusus nya
komite sekolah terhadap sekolah
|
Mengadakan kerja
sama yang baik.
|
Kepala Sekolah
Komite
|
JADWAL KEGIATAN RENCANA
KERJA TAHUNAN SEKOLAH
MI. BUSTANUL ULUM 04
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
NO
|
Program
|
Bulan
|
|||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
I
|
Kesiswaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Penambahan peserta didik.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Penambahan jumlah siswa penerima bantuan yang kurang mampu secara
ekonomi.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pendataan anak usia sekolah 7-15 tahun yang terdapat di desa Kasiyan
Tiur.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Bantuan terhadap siswa yang kurang siap dalam pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II
|
Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Pembuatan Silabus dan Rencana Pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelatihan guru digugus tentang sistem penilaian kelas.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pelatihan guru tentang cara penyesuaian isi silabus dengan Rencana
Pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Peningkatan Wawasan Kepala Sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III
|
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Peningkatan kualifikasi pendidikan guru
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelatihan guru untuk menguasai materi pembelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pelaksanaan Manajemen Terbuka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV
|
Manajemen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Sosialisasi dengan semua anggota komite
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
V
|
Sarana dan Prasarana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Pengecatan gedung sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pengadaan
buku pegangan buku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengadaan 1 set
komputer dan 1 set printer
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VI
|
Keuangan dan Pembiayaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Penambahan dana anggaran sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VII.
|
Budaya dan Lingkungan Sekolah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Peningkatan kebersihan lingkungan sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
VIII
|
Peran Serta Masyarakat dan
Kemitraan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Pelatihan Komite Sekolah tentang manajemen sekolah.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB III
RENCANA ANGGARAN SEKOLAH
Dalam menyusun
Rencana Anggaran Sekolah Telah dilakukan kegiatan-kegiatan yaitu :
(1) menyusun
Rencana Biaya
(2) menghitung
rencana biaya dan pendanaan
(3) menyesuaikan
Rencana Biaya dengan sumber Pendanaan dan
(4) menyusun
Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM)
Berkaitan dengan
hal diatas, maka dalam Rencana Anggaran Sekolah ini akan diuraikan :
- Rencana biaya dan Sumber Pendanaan MI. BUSTANUL ULUM 04 tahun pelajaran 2013/2014
- Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah Tahun 2013/2014
RENCANA
BIAYA DAN SUMBER PENDANAAN
MI.
BUSTANUL ULUM 04
TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
Rencana Kegiatan Tahunan (RKT)
|
Satuan
|
Volume
|
Harga Satuan
RP.
|
Jumlah
|
Sumber Dana
|
A.
KEGIATAN TRATEGIS
I. Kesiswaan
1. Sosialisasi dengan masyarakat tentang perlunya
pendidikan bagi anak.
2. Penambahan jumlah penerima bantuan siawa kurang
mampu secara ekonomi.
3. Pendataan anak usia seklah 7-15 Tahun yang terdapat
di desa Sanehen
4.Bantuan terhadap siswa yang kurang siap dalam
pembelajaran-
II. Kurikulum dan Kegiatan
Pembelajaran
1. Pembuatan Silabus dan Rencana Pembelajaran untuk 5
mata pelajaran.
2. Pelatihan guru di gugus tentang sistem penilaian
kelas.
3. Pelatihan guru tentang cara penyesuaian isi Silabus
dan Rencana Pembelajaran
4. Peningkatan wawasan kependidikan kepala sekolah.
III. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
1. Peningkatan kualifikasi pendidikan guru
2. Pelatihan guru untuk menguasai materi pembelajaran.
IV. Manajemen
1.Sosialisasi tentang pendidikan dengan semua anggota
komite.
V. Sarana dan Prasaran.
1. Pengecatan gedung sekolah.
2. Pengadaan buku pegangan guru
3. Pengadaan 1 set komputer dan 1 set printer
VI. Keuangan dan Pembiayaan.
1. Penambahan dana anggaran sekolah.
VII. Budaya dan Lingkungan Skolah
1. Peningkatan
kebersihan lingkungan sekolah.
VIII.
Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan
1. Pelatihan komite Sekolah tentang Manajemen sekolah
|
Orang
Orang
Orang
Orang
Kertas
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Orang
Siswa
Wali Murid
Orang
Orang
|
3
14
4
241
5
8
8
1
9
8
2
241
45
4
5
40
9
|
Rp. 50.000.
Rp. 120.000.
Rp. 50.000.
Rp. 2.500.
Rp. 50.000.
Rp, 20.000.
Rp. 20.000.
Rp. 300.000.
Rp. 5.000.000.
Rp. 175.000.
Rp. 255.000,
Rp. 150.000.
Rp. 1.500.
Rp. 1.500.
Rp. 150.000.
Rp. 5.000.
Rp. 25.000.
|
Rp. 150.000.
Rp.
1.680.000.
Rp. 200.000.
Rp. 602.500.
Rp. 250.000.
Rp.
1.800.000.
Rp.
1.800.000.
Rp. 300.000.
Rp.
1.760.000.
Rp.45.000.000
Rp.
1.400.000.
Rp.
2.040.000.
Rp. 300.000.
Rp. 361.500.
Rp. 67.500.
Rp. 600.000.
Rp. 200.000.
Rp. 225.000.
|
BOS
BOS
BOS
Komite
BOS
BOS
BOS
BOS
Pribadi Guru
BOS
BOS
BOS
Wali Murid
Komite
Komite
Komite
Komite
|
RENCANA KEGIATAN DAN
ANGGARAN MADRASAH (RKAM)
TAHUN 2013/2014
Sekolah : MI.
BUSTANUL ULUM 04
Kecamatan : Puger
Kabupaten/Kota : Jember
PENDAPATAN
|
BELANJA
|
||||
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
No
|
Uraian
|
Jumlah
|
I
II
III
IV
V
|
Pendapatan Rutin
1. Gaji Pegawai Tetap
2. Gaji Pegawai tidak tetap
3. Belanja barang
4. Belanja Pemeliharaan
5. Belanja Lain-lain
Bantuan
1. BOS dan BOS Buku
2. Bantuan APBD/Kabupaten
3. Bantuan Provinsi
4. DAK
5. Dekonsentrasi
Dana Komite
1. Iuran Wali Murid
2. Sumbangan Sukarela
3. Donatur
Penerimaan
Lain-lain :
1. Usaha Wartel Sekolah
2. Toko sekolah
3. Koperasi Sekolah
4. Usaha Lain
5.
Sisa tahun lalu
|
Rp. 98.000.000,-
Rp.
4.000.000.-
|
I
II
|
Biaya Operasi
1. Gaji Pendidik dan Tenaga Kependidikan :
a. Gaji Pendidikan dan tenaga Kepedidikan tetap
b. Gaji Pendidik dan tenaga Kependidikan tidak tetap
2. Belanja Bahan atau Peralatan Habis pakai :
a. Alat Tulis Kantor
b. PSB
3. Biaya Operasional Pendidikan Tidak lansung :
a. Langganan Daya dan Jasa
b. Kegiatan Pembelajaran
c. Kegiatan Kesiwaan
d. Belanja Pemeliharaan
e Biaya Lain-lain (Biaya Rapat)
Biaya Program Pengembangan
1. Kesiswaan
2. Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran.
3. Pendidik dan tenaga Kependidikan
4. Sarana dan Prasarana
5. Keuangan dan Pembiayaan
6. Budaya dan Lingkungan
7. Peran Serta Mayarakat dan Kemitraan.
|
Rp. 48.000.000
Rp. 7.200.000
Rp. 7.000.000
Rp. 2.850.000
Rp. 660.000
Rp. 960.000
Rp. 4.500.000
Rp. 3.400.000
Rp. 7.000.000
Rp. 2.300.000
Rp. 3.700.000
Rp. 1.900.000
Rp. 2.500.000
Rp. 6.600.000
Rp. 1.300.000
Rp. 1.250.000
Rp. 900.000
|
|
Jumlah
|
102.000.000
|
|
Jumlah
|
102.000.000
|
Mengetahui
Ketua Komite Sekolah
( H. ZAINAL ABIDIN )
|
Menyetujui
Kepala Madrasah
(UBAIDILLAH, S.Pd.I.)
|
Kasiyan Timur,
Dibuat Oleh
Bendahara
(M. SAIFUL BAHRI)
|
|
BAB IV
PENUTUP
Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) MI. BUSTANUL ULUM 04 KASIYAN TIMUR KABUPATEN
JEMBER ini merupakan dokumen perencanaan jangka pendek yang disusun berdasarkan
dokumen perencanaan jangka menengah 4 tahun untuk meningkatkan mutu pendidikan
di sekolah. Rencana Kerja Tahunan Sekolah ini memuat semua program/ kegiatan
yang akan dilaksanakan pada tahun 2013/2014 , baik yang bersifat strategis
maupun yang bersifat rutin.
Dari hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan
program/kegiatan tahun 2007/2008 dan hasil kesepakatan para pemangku
kepentingan di MI. BUSTANUL ULUM 04, maka perencanaan program/kegiatan
strategis yang akan dikembangkan pada tahun 2013/2014 adalah :
1.
Kesiswaan
2.
Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
3.
Sarana dan Prasarana
4.
Keuangan dan Pembiayaan
5.
Pendidik dan Tenaga Kependidikan
6.
Budaya dan Lingkungan
7.
Peran Serta Masyarakat dan Kemitraan.
Dengan adanya RKTM ini sekolah akan lebih mudah
melaksanakan pengelolaan program/kegiatan,Implementasi, Monitoring, dan
Evaluasi yang baik,terstruktur dan terukur dalam upaya peningkatan mutu
pendidikan di MI. BUSTANUL ULUM 04. Namun demikian, keberhasilan pelaksanaan
Rencana Kerja Tahunan ini tergantung dari partisipasi semua takeholder di MI.
BUSTANUL ULUM 04.
No comments:
Post a Comment